Makalah Pengantar Teknologi Informasi
Komponen - Komponen Dalam Komputer
BAB I
PENDAHULUAN
1. Latar Belakang
Komputer merupakan alat modern yang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan
sehari-hari. Mulai dari mengerjakan pekerjaan kantor, multimedia, bahkan
hiburan. Jaman sekarang perkembangan komputer semakin berkembang dan masih akan
terus berkembang tanpa batas. Kita sebagai manusia tau tidak mau harus
mengikuti perkembangan kemajuan teknologi khususnya bidang komputerisasi agar
kita tidak termakan oleh alat yang kita buat sendiri.
Atas dasar itu kami mencoba membahasnya dalam bentuk makalah dengan harapan
dapat berguna bagi orang lain khususnya bagi kami. banyak sekali pembahasan
tentang komputer, tapi kami coba menulis makalah dengan judul Sistem Komputer
yang di jelaskan secara umum atau garis besarnya saja, jika kami membahas secara keseluruhan itu
membutuhkan waktu yang tidak sedikit dan referensi yang banyak.
2. Rumusan Maslah
1. Bagaimanakah system computer?
2. Apakah software itu?
3. Apakah hardware itu?
4. Apakah braiware itu?
3. Tujuan
1. Untuk mengetahui pengertian
system computer
2. Untuk mengetahui apakah software itu
2. Untuk mengetahui apakah software itu
3. Untuk mengetahui apakah hardware
itu
4. Untuk mengetahui apakah braiware
itu
BAB II
PEMBAHASAN
1.
Sistem Komputer
a.
Pengertian sistem
Sistem berasal dari bahasa Latin (systema) dan bahasa Yunani (sustema)
adalah suatu kesatuan yang terdiri komponen atau eleven yang dihubungkan
bersama untuk memudahkan aliran informasi, materi atau energi. Sistem juga
merupakan kesatuan bagian-bagian yang saling berhubungan yang berada dalam
suatu wilayah serta memiliki item-item penggerak.
b.
Penegrtian Komputer
Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang
telah dirumuskan. Kata komputer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang
yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat
bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri.
c.
Penegrtian
sistem komputer
Sistem Komputer adalah elemen-elemen yang terkait untuk menjalankan suatu
aktifitas dengan menggunakan komputer. Elemen dari sistem komputer terdiri dari
manusianya (brainware), perangkat unak (software), set instruksi (instruction
set), dan perangkat keras hardware).
Dengan demikian komponen tersebut merupakan elemen yang terlibat dalam
suatu sistem komputer. Tentu saja hardware tidak berarti apa-apa jika tidak ada
salah satu dari dua lainnya (software dan brainware). Contoh sederhananya,
siapa yang akan menghidupkan komputer jika tidak ada manusia. Atau akan
menjalankan perintah apa komputer tersebut jika tidak ada softwarenya.
Arsitektur Von Neumann menggambarkan komputer dengan empat bagian utama:
Unit Aritmatika dan Logis (ALU), unit kontrol, memori, dan alat masukan dan
hasil (secara kolektif dinamakan I/O). Bagian ini dihubungkan oleh berkas
kawat, "bus".
d. Komponen-komponen Komputer
Komponen – komponen dalam sistem komputer terbagi 3, yang tidak bisa
terpisahkan yaitu :
1.
Hardware (
Perangkat Keras )
a.
Processing
Device
b.
Input Device
c.
Output Device
d.
Storage
Device
2.
Software (
Perangkat Lunak )
a.
Operating
System
b.
Application
Program
c.
Language
Program
3.
Brainware (
Orang Yang MengoperasikanKomputer )
a. Hardware ( Perangkat Keras )
Perangkat yang dapat kita lihat dan dapat kita sentuh secara fisik, seperti
perangkat perangkat masukan, perangkat pemroses, maupun perangkat keluaran.
Peralatan ini umumnya cukup canggih. Dia dapat bekerja berdasarkan perintah
yang ada padanya, yang disebut juga dengan instruction set tadi. Dengan adanya
perintah yang dimengerti oleh mesin tersebut, maka perintah tersebut melakukan
berbagai aktifitas kepada mesin yang dimengerti oleh mesin tersebut sehingga
mesin bisa bekerja berdasarkan susunan perintah yang didapatkan olehnya.
·
Processing
Device (CPU)
CPU ( Central Processing Unit ) berperanan untuk memproses arahan,
melaksanakan pengiraan dan menguruskan laluan informasi menerusi system
komputer. Unit atau peranti pemprosesan juga akan berkomunikasi dengan peranti
input , output dan storan bagi melaksanakan arahan-arahan berkaitan. Dalam
komputer-komputer modern, kedua unit ini terletak dalam satu sirkuit terpadu
(IC - Integrated Circuit), yang biasanya disebut CPU (Central Processing
Unit). CPU memiliki fungsi adalah program-program yang disimpan dalam
memori utama dengan cara mengambil instruksiinstruksi, menguji instruksi
tersebut dan mengeksekusinya satu persatu sesuai perintah. Pandangan
sederhananya adalah operasi pembacaan instruksi (fetch) dan operasi pelaksanaan
instruksi ( execute ). CPU memiliki dua bagian utama, yaitu :
1.
ALU ( Arithmetic
Logic Unit )
Unit Aritmatika dan Logika, atau Arithmetic Logic Unit (ALU), adalah
alat yang melakukan semua operasi aritmatika dengan dasar penjumlahan sehingga
sirkuit elektronik yang digunakan disebut adder juga melakukan keputusan dari
suatu operasi logika sesuai dengan instruksi program. Operasi logika meliputi
perbandingan dua operand dengan menggunakan operator logika tertentu, yaitu
sama dengan (=), tidak sama dengan (_), kurang dari (<), kurang atau sama
dengan (_), lebih besar dari (>), dan lebih besar atau sama dengan (_) ALU
juga dapat melakukan pelaksanaan arimatika (pengurangan, penambahan dan semacamnya),
pelaksanaan logis ( AND, OR, NOT ), dan pelaksanaan perbandingan (membandingkan
dua slot dengan kesetaraan).
2.
CU ( Control
Unit )
Unit control, mengatur dan mengendalikan semua
peralatan yang ada pada sistem komputer, kapan alat input menerima data dan
kapan data diolah serta kapan ditampilkan pada alat output. Mengartikan
instruksi-instruksi dari program komputer. Membawa data dari alat input ke
memori utama. Mengambil data dari memori utama untuk diolah. Mengirim instruksi
ke ALU jika ada instruksi untuk perhitungan aritmatika atau perbandingan
logika. Membawa hasil pengolahan data kembali ke memori utama lagi untuk
disimpan, dan pada saatnya akan disajikan ke alat output.
Selain itu CPU juga memiliki beberapa alat penyimpanan yang berukuran kecil
yang disebut dengan Register yang memiliki fungsi Alat penyimpanan kecil
dengan kecepatan akses cukup tinggi, yg digunakan untuk menyimpan data dan
instruksi yang sedang diproses, sementara data dan instruksi lainnya yang
menunggu giliran untuk diproses, masih disimpan di dalam memori utama.
Banyak register dalam CPU, masing-masing sesuai dengan fungsinya yaitu :
A.
Instruction
Register ( IR )
Digunakan untuk menyimpan instruksi yang sedang diproses.
B.
Program
Counter ( PC )
Digunakan untuk menyimpan alamat lokasi dari memori utama yang berisi
instruksi yang sedang diproses. Selama pemrosesan instruksi, isi PC diubah
menjadi alamat dari memori utama yang berisi instruksi berikutnya.
C.
General
Purpose Register
Punya kegunaan umum yang berhubungan dengan data yang sedang diproses.
Contoh, yg digunakan untuk menampung data disebut operand register, untuk
menampung hasil disebut accumulator.
D.
Memory Data
Register ( MDR )
Digunakan untuk menampung data atau instruksi hasil pengiriman dari memori
utama ke CPU atau menampung data yg akan direkam ke memori utama, hasil
pengolahan oleh CPU.
E.
Memory
Address Register
Digunakan untuk menampung alamat data atau instruksi pada memori utama yg
akan diambil atau yg akan diletakkan. Selain register, beberapa CPU menggunakan
suatu cache memory yang mempunyai kecepatan sangat tinggi, agar
kerja CPU lebih efisien. Tanpa cache memory, CPU akan menunggu sampai data/
instruksi diterima dari memori utama, atau menunggu hasil pengolahan selesai
dikirim ke memori utama, baru proses selanjutnya bisa dilakukan. Padahal proses
dari memori utama lebih lambat disbanding kecepatan register sehingga akan
banyak waktu terbuang. Dengan adanya cache memory, sejumlah blok informasi pada
memori utama dipindahkan ke cache memory dan selanjutnya CPU akan selalu
berhubungan dengan cache memory.
·
Input and
Output Device
I/O membolehkan komputer mendapatkan
informasi dari dunia luar, dan menaruh hasil kerjanya di sana, dapat berbentuk
fisik (hardcopy) atau non fisik (softcopy). Ada berbagai macam alat I/O, dari
yang akrab keyboard, monitor dan disk drive, ke yang lebih tidak biasa seperti
webcam (kamera web, printer, scanner, dan sebagainya. Yang dimiliki oleh semua
alat masukan biasa ialah bahwa mereka meng-encode (mengubah) informasi dari
suatu macam ke dalam data yang bisa diolah lebih lanjut oleh sistem komputer
igital. Alat output, men-decode data ke dalam informasi yang bisa dimengerti
oleh pemakai komputer.
1)
Input Device
Input Device adalah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai alat
untuk memasukan data atau perintah ke dalam komputer. Alat-alatnya adalah :
· Keyboard
· Pointing Device
· Mouse
· Touch screen
· Digitizer Grapich Tablet
· Scanner
· Microphone
2)
Output
Device
Output Device adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk
menampilkan keluaran sebagai hasil pengolahan data. Keluaran dapat berupa
hard-copy (ke kertas), soft-copy (ke monitor), ataupun berupa suara. Alatnya
antara lain adalah :
· Monitor
· Printer
· Speaker
· Storage Device
·
Storage
Device
Register CPU berukuran kecil sehingga tidak dapat menyimpan semua
informasi, maka CPU harus dilengkapi dengan alat penyimpan berkapasitas lebih
besar yaitu memori utama. Terbagi menjadi dua yaitu :
1.
Internal
Storage
Adalah media penyimpanan yang terdapat didalam komputer yaitu :
· RAM ( Random
Access Memory )
Untuk menyimpan program yang kita olah untuk sementara waktu. Dapat diakses
secara acak ( dapat diisi/ditulis, diambil, atau dihapus isinya ). Struktur RAM
terbagi menjadi empat bagian utama, yaitu:
1)
Input
Storage
Digunakan untuk menampung input yang dimasukkan melalui alat input.
2)
Program
Storage
Digunakan
untuk menyimpan semua instruksi-instruksi program yang akan diakses.
3)
Working
Storage
Digunakan untuk menyimpan data yang akan diolah dan hasil pengolahan.
4)
Output
Storge
Digunakan
untuk menampung hasil akhir dari pengolahan data yang akan ditampilkan ke alat
output.
· ROM ( Read
Only Memori )
Memori yang hanya bisa dibaca dan berguna sebagai penyedia informasi pada
saat komputer pertama kali dinyalakan. Hanya dapat dibaca, tidak bisa mengisi
sesuatu ke dalam ROM, sudah diisi oleh pabrik pembuatnya. Berupa sistem operasi
yg terdiri dari program pokok, seperti program untuk mengatur penampilan
karakter di layar, pengisian tombol kunci papan ketik untuk keperluan kontrol
tertentu, dan bootstrap program. Program bootstrap diperlukan pada saat pertama
kali sistem komputer diaktifkan (booting), yang dapat berupa cold booting atau
warm booting. Dimungkinkan untuk merubah isi ROM, dengan cara memprogram
kembali, yaitu :
1 PROM
(Programmable Read Only Memory), yg hanya dapat diprogram satu kali
2 EPROM
(Erasable Programmable Read Only Memory), dapat dihapus dgn sinar ultraviolet, dapat diprogram kembali berulang-ulang
3 EEPROM
(Electrically Erasable Programmable Read Only Memory), dapat
dihapus secara elektr onik dan dapat diprogram kembali.
2.
External
Storage
Perangkat keras untuk melakukan operasi penulisan,
pembacaan & penyimpanan data, di luar komponen utama, yaitu :
·
Floppy Disk
·
Hard Disk
·
CD Room
·
DVD
b. Software (
Perangkat Lunak )
Rangkaian prosedur dan dokumentasi program yang berfungsi menyelesaikan
masalah yang dikehendaki. Merupakan data elektronik yang disimpan sedemikian
rupa oleh komputer itu sendiri, data yang disimpan ini dapat berupa program
atau instruksi yang akan dijalankan oleh perintah, maupun catatan-catatan yang
diperlukan oleh komputer untuk menjalankan perintah yang dijalankannya.
·
Operating
System
Sistem operasi atau operating system ialah Program dasar pada
komputer yang menghubungkan pengguna dengan hardware komputerPerangkat
lunak yang dihubungkan dengan pelaksanaan program dan koordinasi dari aktivitas
sistem komputer. Ada beberapa macam system operasi diantaranya adalah :
·
Linux
·
Windows
·
Mac OS
Tugas sistem operasi termasuk (tetapi tidak hanya) mengurus penjalanan
program di atasnya, koordinasi Input, Output, pemrosesan, memori, serta
penginstalan dan pembuangan software.
Sistem operasi, menentukan program yang mana dijalankan, kapan, dan alat
yang mana (seperti memori atau I/O) yang mereka gunakan. Sistem operasi juga
memberikan servis kepada program lain, seperti kode (driver) yang membolehkan
programer untuk menulis program untuk suatu mesin tanpa perlu mengetahui detail
dari semua alat elektronik yang terhubung.
·
Application
Program
Yaitu program komputer yang siap digunakan atau disebut juga program siap
pakai. Program paket digunakan untuk aplikasi bisnis secara umum, aplikasi
khusus dibidang industri, aplikasi untuk meningkatkan produktifitas organisasi
ayau perusahaan dan aplikasi untuk produktifitas perorangan.
Contoh :
·
Microsoft
Word
·
Microsoft
Excel
·
CorelDraw X4
·
Dll
·
Language
Program
Language Program atau bahasa pemrograman adalah bahasa yang digunakan oleh
manusia untuk berkomunikasi dengan komputer, karena komputer memiliki bahasa
sendiri maka komputer tidak akan merespon selain menggunakan bahasa
Pemrograman, seperti :Bahasa komputer yang digunakan untuk menulis
instruksi-instruksi program untuk melakukan suatu pekerjaan yang dilakukan oleh
programer,
seperti :
- Visual basic
- Turbo pascal
- Delphi
c.
Brainware
Brainware adalah orang yang mengoperasikan sebuah komputer, karena jika
tidak ada orang yang mengoperasikan maka tidak akan dapat digunakan.
2.
Operasi
Sistem Komputer
Secara umum, sistem komputer terdiri atas CPU dan sejumlah device
controller yang terhubung melalui sebuah bus yang menyediakan akses ke
memori. mumnya, setiap device controller
bertanggung jawab atas sebuah hardware spesisfik. Setiap device dan CPU dapat
beroperasi secara konkuren untuk mendapatkan akses ke memori. Adanya beberapa
hardware ini dapat menyebabkan masalah sinkronisasi. Karena itu untuk
mencegahnya sebuah memory controller ditambahkan untuk sinkronisasi akses
memori.
Pada sistem komputer yang lebih maju, arsitekturnya lebih kompleks. Untuk
meningkatkan performa, digunakan beberapa buah bus . Tiap bus merupakan jalur
data antara beberapa device yang berbeda. Dengan cara ini RAM, Prosesor, GPU
(VGA AGP) dihubungkan oleh bus utama berkecepatan tinggi yang lebih dikenal
dengan nama FSB (Front Side Bus) . Sementara perangkat lain yang lebih lambat
dihubungkan oleh bus yang berkecepatan lebih rendah yang terhubung dengan bus
lain yang lebih cepat sampai ke bus utama. Untuk komunikasi antar bus ini
digunakan sebuah bridge.
Tanggung jawab sinkronisasi bus yang secara tak langsung juga mempengaruhi
sinkronisasi memori dilakukan oleh sebuah bus controller atau dikenal sebagai
bus master . Bus master akan mengendalikan aliran data hingga pada satu waktu,
bus hanya berisi data dari satu buah device.
Pada prakteknya bridge dan bus master ini disatukan dalam sebuah chipset
.Jika komputer dinyalakan, yang dikenal dengan nama booting, komputer akan
menjalankan bootstrap program yaitu sebuah program sederhana yang disimpan
dalam ROM yang berbentuk chip CMOS (Complementary Metal Oxide Semiconductor) .
Chip CMOS modern biasanya bertipe EEPROM(Electrically Erasable Programmable Read
Only Memory), yaitu memori non-volatile (tak terhapus jika power dimatikan)
yang dapat ditulis dan dihapus dengan pulsa elektronik. Lalu bootsrap program
ini lebih dikenal sebagai BIOS (Basic Input Output System).
Bootstrap program utama, yang biasanya terletak di Motherboard akan
memeriksa hardware-hardware utama dan melakukan inisialisasi terhadap program
dalam hardware yang dikenal dengan nama firmware.
Bootstrap program utama kemudian akan mencari dan meload kernel sistem
operasi ke memori lalu dilanjutkan dengan inisialisasi sistem operasi.Dari sini
program sistem operasi akan menunggu kejadian tertentu. Kejadian ini akan
menentukan apa yang akan dilakukan sistem operasi berikutnya ( event-driven ).
Kejadian ini pada komputer modern biasanya ditandai dengan munculnya
interrupt dari software atau hardware, sehingga Sistem Operasi ini disebut
Interrupt-driven. Interrupt dari hardware biasanya dikirimkan melalui suatu
signal tertentu, sedangkan software mengirim interrupt dengan cara menjalankan
system call atau juga dikenal dengan istilah monitor call . System/Monitor call
ini akan menyebabkan trap yaitu interrupt khusus yang dihasilkan oleh software
karena adanya masalah atau permintaan terhadap layanan sistem operasi. Trap ini
juga sering disebut sebagai exception .
Setiap interrupt terjadi, sekumpulan kode yang dikenal sebagai ISR
(Interrupt Service Routine) akan menentukan tindakan yang akan diambil. Untuk
menentukan tindakan yang harus dilakukan, dapat dilakukan dengan dua cara yaitu
polling yang membuat komputer memeriksa satu demi satu perangkat yang ada untuk
menyelidiki sumber interrupt dan dengan cara menggunakan alamatalamat ISR yang
disimpan dalam array yang dikenal sebagai interrupt vector di mana sistem akan
memeriksa Interrupt Vector setiap kali interrupt terjadi.
Arsitektur interrupt harus mampu untuk menyimpan alamat instruksi yang di-
interrupt . Pada komputer lama, alamat ini disimpan di tempat tertentu yang
tetap, sedangkan pada komputer baru, alamat itu disimpan di stack bersama-sama
dengan informasi state saat itu.
BAB III
PENUTUP
Sistem Komputer adalah elemen-elemen yang terkait
untuk menjalankan suatu aktifitas dengan menggunakan komputer. Elemen dari
sistem komputer terdiri dari manusianya (brainware), perangkat lunak
(software), set instruksi (instruction set), dan perangkat keras (hardware).
Komponen – komponen dalam sistem komputer terbagi 3, yang tidak bisa
terpisahkan
yaitu :
1. Hardware
( Perangkat Keras )
- Processing Device
- Input Device
- Output Device
- Storage Device
2. Software
( Perangkat Lunak )
- Operating System
- Application Program
- Language Program
3.
Brainware (
Orang Yang MengoperasikanKomputer )
Adanya beberapa hardware ini dapat menyebabkan masalah sinkronisasi. Karena
itu dalam operasi sistem komputer untuk mencegahnya sebuah memory controller
ditambahkan untuk sinkronisasi akses memori. Untuk meningkatkan performa,
digunakan beberapa buah bus . Tiap bus merupakan jalur data antara beberapa
device yang berbeda. Jika komputer dinyalakan Bootstrap program utama akan
memeriksa hardware-hardware utama. Pada komputer modern biasanya ditandai
dengan munculnya interrupt dari software atau hardware, sehingga Sistem Operasi
ini disebut Interrupt-driven.
Demikian yang bisa kami simpulkan, semoga makalah ini bermanfaat bagi
masyarakat pada umumnya dan mahasiswa pada umumnya. Apabila makalah ini
terdapat kekurangan maupun kesalahan dalam penulisan/pembahasan kami
mengucapkan mohon maaf.
No comments:
Post a Comment