Berikut adalah karya tulis ilmiah tentang internet untuk memenuhi tugas sekolah ataupun kuliah dengan Contoh Karya Tulis Ilmiah Tentang Pengaruh Internet silahkan bebas untuk sobat download jangan lupa untuk di edit dan di baca untuk mengerti dan memahami isi dari karya tulis ilmiah tentang bahaya merokok terimakasih telah berkunjung semoga bermanfaat
Contoh Karya Ilmiah Internet
KATA PENGANTAR
Pertama-tama saya ingin mengucapkan puji dan syukur kepada Tuhan yang Maha Esa yang telah memberkati saya sehingga saya bisa menyelesaikan karya tulis ini.Saya jugaingin berterima kasih kepada teman saya yang mendukung saya untuk mengikuti lomba karangan ilmiah ini.
Tidak ada manusia yang sempurna,saya mengakui saya adalah manusia yang punya batas,oleh karenaitu tidak semua hal bisa dibuat dengan sempurna dalam karya tulis ini.Saya hanya berusaha melakukan semaksimal mungkin dengan kema mpuan saya yang ada.
Saya adalah! manusia biasa dan memiliki kekurangan,saya bersedia untuk menerima kritik dansaran dari pembaca sekalian yang budiman. Saya akan menerimanya agar untuk memperbaiki karya tulis saya untuk hasil yang bisa lebih baik lagi untukkedepannya.
Dengan menyelesaikan karya tulis ini saya mengharapkan banyak manfaat yang dapat diambil. Semoga dengan adanya karya tulis ini para siswa bisa mengetahui dampak-dampak yang ada didalam Internet dan melakukan dampak positif.
Tidak ada manusia yang sempurna,saya mengakui saya adalah manusia yang punya batas,oleh karenaitu tidak semua hal bisa dibuat dengan sempurna dalam karya tulis ini.Saya hanya berusaha melakukan semaksimal mungkin dengan kema mpuan saya yang ada.
Saya adalah! manusia biasa dan memiliki kekurangan,saya bersedia untuk menerima kritik dansaran dari pembaca sekalian yang budiman. Saya akan menerimanya agar untuk memperbaiki karya tulis saya untuk hasil yang bisa lebih baik lagi untukkedepannya.
Dengan menyelesaikan karya tulis ini saya mengharapkan banyak manfaat yang dapat diambil. Semoga dengan adanya karya tulis ini para siswa bisa mengetahui dampak-dampak yang ada didalam Internet dan melakukan dampak positif.
Penulis
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
ABSTRAK
BAB I.PENDAHULUAN
BAB II. LANDASAN TEORI
BAB III. METODE PENELITIAN
BABIV. PEMBAHASAN
BABV.PENUTUP
DAFTAR PUSTAKA
DAFTAR ISI
ABSTRAK
BAB I.PENDAHULUAN
BAB II. LANDASAN TEORI
BAB III. METODE PENELITIAN
BABIV. PEMBAHASAN
BABV.PENUTUP
DAFTAR PUSTAKA
ABSTRAK
Karya tulis ini menjelaskan tentang Dampak internet terhadap para pelajar, baikkejadian yang positif ataupun kejadian yang negatif. Internet adalah salah satu jenis cara pembelajaran yang sangatbaik , tetapi cara ini sangatlah sulit untuk diterapkan dalam metode pengajaranoleh guru kepada siswanya, hal yang utama adalah pikiran dari mereka bukanlahuntuk dimanfaatkan untuk mengerjakan tugas , akan tetapi mereka memikirkan gameonline / browsing yang ada di internet dalam komputer , maka itulahdampak-dampak yang ada sekarang dari pelajar yang harus dipelajari lebihlanjut.
BAB I: PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Masalah
Sekarang ini banyak orang yang tahu memainkan komputer termasuk orangdewasa ataupun orang yang masih kecil namun pengunaannya masih kurangefisien,karena hanya memanfaatkan keunggulan komputer tersebut sebagai mediauntuk permainan dan belum mengetahui dampak-dampak apakah yang nanti akanterjadinya.
Ini yang membuat banyak kerusakan pada kalangan kalangan muda yang nantiakan memimpin bangsa Indonesia nantinya, Oleh karena itu saya mengambil topikini tentang pengaruhnya terhadap para pelajar.
1.2 Pembatasan Msalah
Internet adalah salah satu jenis media elektronik yang sangat populerdimasa kini dan banyak digunakan oleh kalangan-kalangan remaja. Internet punyabanyak fungsi bagus,tapi pelajar kebanyakan salah untuk menggunakkannya.
DalamKarya tulis ini saya kan membahas tentang dampak positif dan negatif pengunaaninteret bagi pelajar maupun seluruh masyarakat.
1.3 Perumusan Masalah
1. Seberapakah pentingkah internet dalamkehidupan kita sehari-hari?
2. Apa sajakah dampak positif dan dampaknegatif yang ada dalam internet?
3. Apakah Internet bisa merusak kehidupanpengguna komputer?
1.4 Tujuan Penulisan
1. Mengetahui peran yang penting dalam Internet
2. Mengetahui cara pemakaian dalam Internet
3. Mengetahui dampak pengunaan Internet
1.5 Metode P! enulisan
Metode penulisan yang saya gunakan adalah melakukanpenelitian-penelitian di berbagai warnet yang ada di Tanjungbalai danmenanyakan sedikit informasi kepada para penguna/pecandu internet.
1.6 Manfaat
1.Bisa mengetahui pengunaan yang! baik dantepat
2.Menambah wawasan tentang Internet
3.Bisa membuat kita bagun/sadar dalammengunakan Internet
Sekarang ini banyak orang yang tahu memainkan komputer termasuk orangdewasa ataupun orang yang masih kecil namun pengunaannya masih kurangefisien,karena hanya memanfaatkan keunggulan komputer tersebut sebagai mediauntuk permainan dan belum mengetahui dampak-dampak apakah yang nanti akanterjadinya.
Ini yang membuat banyak kerusakan pada kalangan kalangan muda yang nantiakan memimpin bangsa Indonesia nantinya, Oleh karena itu saya mengambil topikini tentang pengaruhnya terhadap para pelajar.
1.2 Pembatasan Msalah
Internet adalah salah satu jenis media elektronik yang sangat populerdimasa kini dan banyak digunakan oleh kalangan-kalangan remaja. Internet punyabanyak fungsi bagus,tapi pelajar kebanyakan salah untuk menggunakkannya.
DalamKarya tulis ini saya kan membahas tentang dampak positif dan negatif pengunaaninteret bagi pelajar maupun seluruh masyarakat.
1.3 Perumusan Masalah
1. Seberapakah pentingkah internet dalamkehidupan kita sehari-hari?
2. Apa sajakah dampak positif dan dampaknegatif yang ada dalam internet?
3. Apakah Internet bisa merusak kehidupanpengguna komputer?
1.4 Tujuan Penulisan
1. Mengetahui peran yang penting dalam Internet
2. Mengetahui cara pemakaian dalam Internet
3. Mengetahui dampak pengunaan Internet
1.5 Metode P! enulisan
Metode penulisan yang saya gunakan adalah melakukanpenelitian-penelitian di berbagai warnet yang ada di Tanjungbalai danmenanyakan sedikit informasi kepada para penguna/pecandu internet.
1.6 Manfaat
1.Bisa mengetahui pengunaan yang! baik dantepat
2.Menambah wawasan tentang Internet
3.Bisa membuat kita bagun/sadar dalammengunakan Internet
BAB II . LANDASAN TEORI
Internet (kependekan dari interconnected-networking) ialah sistem global dari seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar Internet Protocol Suite (TCP/I P) untukmelayani miliaran pengguna di seluruh dunia. Manakala Internet (huruf 'I'besar) ialah sistem komputer umum, yang berhubung secara global dan menggunakan TCP/IP sebagai protokol pertukaranpaket (packet switching communication protocol). Rangkaian internet yangterbesar dinamakan Internet. Cara menghubungkan rangkaian dengan kaedah ini dinamakan internetworking.
Jumlah pengguna Internet yang besar dansemakin berkembang, telah mewujudkan budaya Internet. Internet juga mempunyaipengaruh yang besar atas ilmu, dan pandangan dunia. Dengan hanya berpandukan mesinpencari seperti Google, pengguna di seluruh dunia mempunyaiakses Internet yang mudah atas bermacam-macam informasi. Dibanding dengan bukudan perpustakaan, Internet melambangkan penyebaran(decentralization) /pengetahuan (knowledge) informasi dan data secara ekstrem.
Perkembangan Internet juga telahmemengaruhi perkembangan ekonomi. Berbagai transaksi jual beli yang sebelumnyahanya bisa dilakukan dengan cara tatap muka (dan sebagian sangat kecil melaluipos atau telepon), kini sangat mudah dan sering dilakukan melalui Internet.Transaksi melalui Internet ini dikenal dengan nama e-commerce.
Terkait dengan pemerintahan, Internetjuga memicu tumbuhnya transparansi pelaksanaan pemerintahan melalui e-government seperti di kabupaten Sra! gen yang manaternyata berhasil memberikan peningkatan pemasukan daerah dengan memanfaatkanInternet untuk transparansi pengelolaan dana masyarakat dan pemangkasan jalurbirokrasi, sehingga warga di daerah terebut sangat di untungkan demikian parapegawai negeri sipil dapat pula di tingkatkan kesejahterannya karena pemasukandaerah meningkat tajam.
Jumlah pengguna Internet yang besar dansemakin berkembang, telah mewujudkan budaya Internet. Internet juga mempunyaipengaruh yang besar atas ilmu, dan pandangan dunia. Dengan hanya berpandukan mesinpencari seperti Google, pengguna di seluruh dunia mempunyaiakses Internet yang mudah atas bermacam-macam informasi. Dibanding dengan bukudan perpustakaan, Internet melambangkan penyebaran(decentralization) /pengetahuan (knowledge) informasi dan data secara ekstrem.
Perkembangan Internet juga telahmemengaruhi perkembangan ekonomi. Berbagai transaksi jual beli yang sebelumnyahanya bisa dilakukan dengan cara tatap muka (dan sebagian sangat kecil melaluipos atau telepon), kini sangat mudah dan sering dilakukan melalui Internet.Transaksi melalui Internet ini dikenal dengan nama e-commerce.
Terkait dengan pemerintahan, Internetjuga memicu tumbuhnya transparansi pelaksanaan pemerintahan melalui e-government seperti di kabupaten Sra! gen yang manaternyata berhasil memberikan peningkatan pemasukan daerah dengan memanfaatkanInternet untuk transparansi pengelolaan dana masyarakat dan pemangkasan jalurbirokrasi, sehingga warga di daerah terebut sangat di untungkan demikian parapegawai negeri sipil dapat pula di tingkatkan kesejahterannya karena pemasukandaerah meningkat tajam.
BABIII. METODE PENELITIAN
3.1 Jenis Penelitian
Jenis penelitian yang saya pakai adalahpenelitian korelatif . Yang artinya adalah menghubungkan hasil-hasil penelitianyang ada.Data yang saya peroleh adalah dari orang pecandu internet yang seringke warnet dan menggabungkan menjadi kesimpulan dalam Bab Pembahasan dandijelaskannya pun tentang positif dan negatif yang akan dijelaskan di Bab IVpembahasan.
3.2 Teknik Pengumpulan Data
Saya mengumpulkan beberapa tanya jawab daribeberapa orang yang saya k enal dan data itu saya masukkan dalam pembahasan diBab IV.
Jenis penelitian yang saya pakai adalahpenelitian korelatif . Yang artinya adalah menghubungkan hasil-hasil penelitianyang ada.Data yang saya peroleh adalah dari orang pecandu internet yang seringke warnet dan menggabungkan menjadi kesimpulan dalam Bab Pembahasan dandijelaskannya pun tentang positif dan negatif yang akan dijelaskan di Bab IVpembahasan.
3.2 Teknik Pengumpulan Data
Saya mengumpulkan beberapa tanya jawab daribeberapa orang yang saya k enal dan data itu saya masukkan dalam pembahasan diBab IV.
BABIV . PEMBAHASAN
Internet mempunyai dampak positif dan negatifyaitu :
DampakPositif
1. Internet sebagai media komunikasi, merupakanfungsi internet yang paling banyak digunakan dimana setiap pengguna internetdapat berkomunikasi dengan pengguna lainnya dari seluruh dunia.
2. Media pertukaran data, dengan menggunakanemail, newsgroup, ftp dan www (world wide web � jaringan situs-situs web) parapengguna internet di seluruh dunia dapat saling bertukar informasi dengan cepatdan murah.
3. Media untuk mencari informasi atau data,per kembangan internet yang pesat,
menjadikan www sebagai salah satu sumber informasiyang penting dan akurat.
4. Kemudahan memperoleh informasi yang ada diinternet sehingga manusia tahu apa saja yang terjadi.
5. Bisa digunakan sebagai lahan informasi untukbidang pendidikan, kebudayaan, dan lain-lain
6. Kemudahan bertransaksi dan berbisnis dalambidang perdagangan sehingga tidak perlu pergi menuju ke tempatpenawaran/penjualan.
Dampak Negatif
1. Pornografi Anggapan yang mengatakanbahwa internet identik dengan pornografi, memang tidak salah. Dengan kemampuanpenyampaian informasi yang dimiliki internet, pornografi pun merajalela.Untukmengantisipasi hal ini, para produsen 'browser' melengkapi program merekadengan kemampuan untuk memilih jenis home-page yang dapat di-akses.Di internetterdapat gambar-gambar pornografi dan kekerasan yang bisa mengakibatkandorongan kepada seseorang untuk bertindak kriminal.
2. Violence and Gore Kekejaman dankesadisan juga banyak ditampilkan. Karena segi bisnis dan isi pada duniainternet tidak terbatas, maka para pemilik situs menggunakan segala macam caraagar dapat 'menjual' situs mereka. Salah satunya dengan menampilkan hal-halyang bersifat tabu.
3. Penipuan Hal ini memang merajalela dibidang manapun. Internet pun tidak luput! dari serangan penipu. Cara yang terbaikadalah tidak mengindahkan hal ini atau mengkonfirmasi informasi yang Andadapatkan pada penyedia informasi tersebut.
4. Carding Karena sifatnya yang 'realtime' (langsung), cara belanja dengan menggunakan Kartu kredit adalah carayangpaling banyak digunakan dalam dunia internet. Para penjahat internet pun palingbanyak melakukan kejahatan dalam bidang ini. Dengan sifat yang terbuka, parapenjahat mampu mendeteksi adanya transaksi (yang menggunakan Kartu Kredit)on-line dan mencatat kode Kartu yang digunakan. Untuk selanjutnya merekamenggunakan! data yang mereka dapatkan untuk kepentingan kejahatan mereka.
5. Perjudian Dampak lainnya adalahmeluasnya perjudian. Dengan jaringan yang tersedia, para penjudi tidak perlupergi ke tempat khusus untuk memenuhi keinginannya. Anda hanya perlumenghindari situs seperti ini, karena umumnya situs perjudian tidak agresif danmemerlukan banyak persetujuan dari pengunjungnya.
6. Mengurangi sifat sosial manusia karenacenderung lebih suka berhubungan lewat internet daripada bertemu secaralangsung (face to face).
7. Dari sifat sosial yang berubah dapatmengakibatkan perubahan pola masyarakat dalam berinteraksi.
8. Kejahatan seperti menipu dan mencuridapat dilakukan di internet (kejahatan juga ikut berkembang).
9. Bisa membuat seseorang kecanduan,terutama yang menyangkut pornografi dan dapat menghabiskan uang karena hanyauntuk melayani kecanduan tersebut. Jadi internet tergantung pada pemakainyabagaimana cara mereka dalam menggunakan teknologi itu, namun semestinya harusada batasan-batasan dan norma-norma yang harus mereka pegang teguh walaupunbersentuhan dengan internet atau di! dalam dunia maya.
DampakPositif
1. Internet sebagai media komunikasi, merupakanfungsi internet yang paling banyak digunakan dimana setiap pengguna internetdapat berkomunikasi dengan pengguna lainnya dari seluruh dunia.
2. Media pertukaran data, dengan menggunakanemail, newsgroup, ftp dan www (world wide web � jaringan situs-situs web) parapengguna internet di seluruh dunia dapat saling bertukar informasi dengan cepatdan murah.
3. Media untuk mencari informasi atau data,per kembangan internet yang pesat,
menjadikan www sebagai salah satu sumber informasiyang penting dan akurat.
4. Kemudahan memperoleh informasi yang ada diinternet sehingga manusia tahu apa saja yang terjadi.
5. Bisa digunakan sebagai lahan informasi untukbidang pendidikan, kebudayaan, dan lain-lain
6. Kemudahan bertransaksi dan berbisnis dalambidang perdagangan sehingga tidak perlu pergi menuju ke tempatpenawaran/penjualan.
Dampak Negatif
1. Pornografi Anggapan yang mengatakanbahwa internet identik dengan pornografi, memang tidak salah. Dengan kemampuanpenyampaian informasi yang dimiliki internet, pornografi pun merajalela.Untukmengantisipasi hal ini, para produsen 'browser' melengkapi program merekadengan kemampuan untuk memilih jenis home-page yang dapat di-akses.Di internetterdapat gambar-gambar pornografi dan kekerasan yang bisa mengakibatkandorongan kepada seseorang untuk bertindak kriminal.
2. Violence and Gore Kekejaman dankesadisan juga banyak ditampilkan. Karena segi bisnis dan isi pada duniainternet tidak terbatas, maka para pemilik situs menggunakan segala macam caraagar dapat 'menjual' situs mereka. Salah satunya dengan menampilkan hal-halyang bersifat tabu.
3. Penipuan Hal ini memang merajalela dibidang manapun. Internet pun tidak luput! dari serangan penipu. Cara yang terbaikadalah tidak mengindahkan hal ini atau mengkonfirmasi informasi yang Andadapatkan pada penyedia informasi tersebut.
4. Carding Karena sifatnya yang 'realtime' (langsung), cara belanja dengan menggunakan Kartu kredit adalah carayangpaling banyak digunakan dalam dunia internet. Para penjahat internet pun palingbanyak melakukan kejahatan dalam bidang ini. Dengan sifat yang terbuka, parapenjahat mampu mendeteksi adanya transaksi (yang menggunakan Kartu Kredit)on-line dan mencatat kode Kartu yang digunakan. Untuk selanjutnya merekamenggunakan! data yang mereka dapatkan untuk kepentingan kejahatan mereka.
5. Perjudian Dampak lainnya adalahmeluasnya perjudian. Dengan jaringan yang tersedia, para penjudi tidak perlupergi ke tempat khusus untuk memenuhi keinginannya. Anda hanya perlumenghindari situs seperti ini, karena umumnya situs perjudian tidak agresif danmemerlukan banyak persetujuan dari pengunjungnya.
6. Mengurangi sifat sosial manusia karenacenderung lebih suka berhubungan lewat internet daripada bertemu secaralangsung (face to face).
7. Dari sifat sosial yang berubah dapatmengakibatkan perubahan pola masyarakat dalam berinteraksi.
8. Kejahatan seperti menipu dan mencuridapat dilakukan di internet (kejahatan juga ikut berkembang).
9. Bisa membuat seseorang kecanduan,terutama yang menyangkut pornografi dan dapat menghabiskan uang karena hanyauntuk melayani kecanduan tersebut. Jadi internet tergantung pada pemakainyabagaimana cara mereka dalam menggunakan teknologi itu, namun semestinya harusada batasan-batasan dan norma-norma yang harus mereka pegang teguh walaupunbersentuhan dengan internet atau di! dalam dunia maya.
BAB V. PENUTUP
5.1 Kesimpulan
Dari semua pembahasanyang ada,dapat disimpu! lkan :
1. Internet adalah saranabelajar yang sangat baik jika dimanfaatkan dengan teratur akan menjadi polabelajar yang sangat baik sekali.
2. Baik buruknya suatukegiatan bergantung pada pelaku yang menggunak! annya.
3. Mengunakan internetharus melihat jam maksimal 1 hari bermain 2 jam saja agar kesehatan dapatterjaga.
5.2 Saran
Saya ingin memberi sarandalam penutup ini kepada pembaca :
1. Jangan terlalu kecanduanbermain Internet termasuk game online/browsing dan lainnya,bermain hanyasekedar hiburan dan tidak dijadikan kebutuhan pokok seperti makanan.
2. Bermain internet posisimata ke komputer jangan terlalu dekat nanti mata bisa rusa! k.
3. Jangan terlalu banyakmain , waktunya lebih baik bila digunakan untuk belajar agar lebih bermanfaat.
Dari semua pembahasanyang ada,dapat disimpu! lkan :
1. Internet adalah saranabelajar yang sangat baik jika dimanfaatkan dengan teratur akan menjadi polabelajar yang sangat baik sekali.
2. Baik buruknya suatukegiatan bergantung pada pelaku yang menggunak! annya.
3. Mengunakan internetharus melihat jam maksimal 1 hari bermain 2 jam saja agar kesehatan dapatterjaga.
5.2 Saran
Saya ingin memberi sarandalam penutup ini kepada pembaca :
1. Jangan terlalu kecanduanbermain Internet termasuk game online/browsing dan lainnya,bermain hanyasekedar hiburan dan tidak dijadikan kebutuhan pokok seperti makanan.
2. Bermain internet posisimata ke komputer jangan terlalu dekat nanti mata bisa rusa! k.
3. Jangan terlalu banyakmain , waktunya lebih baik bila digunakan untuk belajar agar lebih bermanfaat.
DAFTAR PUSTAKA
http://id.wikipedia.org/wiki/Internet
http://octahyuuga.wordpress.com/2009/03/02/dampak-negatif-dan-positif-dari-internet/
http://! yudakuyudz.wordpress.com/2008/03/19/dampak-positif-dan-negatif-akibat-perkembangan-teknologi-internet/
http://wikipedia.id
No comments:
Post a Comment