Wednesday 27 April 2016

MISI AJARAN ISLAM

  aulia       Wednesday 27 April 2016



Daftar Isi
Kata Pengantar..............................................................................................            
Bab I PENDAHULUAN................................................................................
1.1              Latar belakang.................................................................................................
Bab II  PEMBAHASAN.............................................................................................
2.1       Misi ajaran islam............................................................................................
2.2       Misi islam dalam berbagai aspek
Bab 3 PENUTUP.......................................................................................................
3.1       Kesimpulan....................................................................................................
3.2       Saran..............................................................................................................
DAFTAR PUSTAKA



BAB 1
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Islam adalah agama yang sempurna dan universal, ia berlaku sepanjang waktu, kapanpun dan di manapun (al-Islâm shâlih li kul zamân wa al-makân), Islam berlaku untuk semua orang dan untuk seluruh dunia. Dalam agama islam terdapat ajaran-ajaran yang dapat mengantarkan manusia menuju kehidupan yang lebih baik. Karena islam diturunkan bukan hanya sebagai pelengkap hidup manusia saja tetapi juga mengemban beberapa misi untuk mengantarkan manusia menuju kebahagiaan di dunia dan ahirat.
Islam adalah agama samawi ( langit ) yang diturunkan Allah SWT melalui utusan-Nya, Muhammad SAW. Islam merupakan Agama yang menjadi Rahmat bagi seluruh alam.Namun di jaman sekarang ini banyak orang-orang yang tidak mengerti akan pengertian, Karakteristik, dan Misi Islam itu sendiri.sehingga banyak orang-orang yang mengatasnamkan Islam untuk kepentingan pribadi, kelompok dan partai .bahkan yang paling ekstrim adalah yang mengatas namakan Islam sebagai kedok untuk melakukan aksi terorisme, sehingga Islam dianggap sebagai Agama teroris.

B. Tujuan penulisan
Adapun tujuan untuk pembahasan dari makalah ini adalah:
1)      Agar tidak  terjadi kecenderungan tentang Sejarah Perkembangan Bahasa yang ada di Indonesia.
2)      Mengetahui perkembangan Bahasa Indonesia.
3)      Menjaga kemurnian sejarah Bahasa Indonesia.



KATA PENGANTAR

Puji dan syukur kami panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas selesainya makalah yang berjudul “MISI AGAMA ISLAM” Atas dukungan moral dan materil yang diberikan dalam makalah ini, maka kami mengucapkan banyak terima kasih kepada :
1.      Ibu Fajri chairawati,spd.I,MA selaku Dosen pembina, yang telah memberikan bimbingan , saran, ide, dan kesempatan untuk menyelesaikan makalah ini dengan baik.
2.      Teman-teman yang telah memberikan penulis arahan-arahan dalam proses penyelesaian makalah ini.
Kami menyadari sepenuhnya bahwa dalam penyusunan makalah ini jauh dari kesempurnaan, baik dalam penulisan, isi, maupun tata bahasanya. Oleh karena itu, saran dan kritik yang membangun dari rekan-rekan sangat dibutuhkan untuk menyempurnakan makalah ini.


                                                                             Banda Aceh,18 april 2016
                           
                                                                                   


BAB ll
PEMBAHASAN
1.      MISI AJARAN ISLAM
Misi ajaran islam yang berkembang dan sebagai pembawa rahmat bagi seluruh alam adalah:
-          Misi pertama, untuk menunjukan bahwa islam sebagai pembawa rahmat dapat dilihat dari pengertian islam itu sendiri.kata islam asli maknanya adalah perdamaia, Dan orang muslim ialah orang yang damai dengan Allah dan damai dengan manusia. Dengan  demikian, dari sejak mulanya, islam adalah agama perdamaian dan dua ajaran pokoknya, yaitu keesaan Allah, dan kesatuan atau persaudaran umat manusia, menjadi bukti yang nyata bahwa agama islam selaras dengan namanya.
-          Misi kedua, misi ajaran islam sebagai pembawa rahmat dapat dilihat dari peran yang dimainkan islam dalam menangani berbagai prolematika agama, sosial,ekonomi,politik,hukum,pendidikan,kebudayan dan sebagainya.
            Didalam bidang sosial, keadaan masyarakat terbagi didalam sosial atau kasta yang dibedakan brdasarkan suku,bahasa,warna kulit, harta benda jenis kelamin dan sebagainya. Dan sistem kelas yang demikian, maka tidak akan menjadi mobilitas vertikal yang didasarkan pada prestasi masing-masing.seseorang yang rendah dibidang sosial satu yang lainnya, satun diantara lainnya melakukan hubungan sosial,pergaulan, perkawinan dan sebagainya.
Selanjutnya dalam bidang ekonomi, ditandai dengan praktek mendapatkan uang dengan menghalalkan segala cara, seperti praktik riba,mengurangi timbangan,menipu, monopoli kapitalisme dan sebagainya.keadaan yang demikian membuat giliran membawa mereka yang kaya semakin kayadan  yang miskin semakin miskin dan persaingan yang tidak sehat terjadi diantara mereka. Manusia telah menjdi budak dari harta benda.
Kemudian  didalam bidang pemerintahan, pada masa itu ditandai oleh pemerintah yang diktator, otoriter dan tirani. Segala sesuatu yang menyangkut kehidupan masyarakat hanaya ditentukan oleh pemerintah. Kehendaak pemerintah merupakan keputusan yang harus dilaksanakan tanpa kompromi. Karena demikian besarnya kekuatan pemerintah, maka dengan mudahnya mia menindas dan memeras rakyat dengan pajak yang cukai yang diluar batas kemampuannya
Dibidang kebudayaan ditandai oleh keadaan masyarakat yang semata mata mengikuti hawerzina, berjudi, hawa nafsu syahwat dan duniawi. Mereka gemar melakukan mabuk-mabukan, foya-foya, berzina, brjudi, dan sebagainya. Mereka tenggelam dosa dan maksiat. Setiap tahun mereka terkadang melakukan pesta pora sebanyak 2 kali. Pada saat itu mereka melakukan tari-tarian didepan patung berhala kemudian mabuk-mabukan dan terus berzina.

2.  MISI AGAMA DALAM BERBAGAI ASPEK
            1. Dalam bidang sosial
Dalam bidang sosial, islam memperkenalkan ajaran yang bersifat egaliter atau kesetaraan dan kesedarajat antara manusia denagan manusia lain. Orang yang memiliki kelebihan dalam bidang tertentu bisanya memiliki kekurangan dalam bidang tertentu lainnya.
            Ajaran islam tentang aspek ini menekankan adanya kesetaraan  anaku perbedaan laki-laki dan perempuan. Sebagaimana hal nya kaum pria, kaum wanita dalam sebagainya halnya kaum pria, kaum wanita dalam islam memiliki kesamaan kesempatan dan peluang untuk mengaktualisasikan potensi yang ada dalam dirinya.sedangkan segi perbedaan hak yang diterima kaum wanita dengan waktu sungguhpun ada, bukan dimaksudkan Ajaran islam dalam bidang sosial seperti inilah yang dibawa oleh nabi Mahammad  Saw. Yaitu ajaran yang bersifat egilater, toleransi, persaudaraan, tolong menolong, nasihat menasihati, saling mejaga mengamankandan seterusnya. Aspek sosial ajaran islam ini demikian penting demikian penting sehingga  harus dialakukan secara lintas agama, budaya, bangsa, negara dan sebagainya. Untuk itulah, Al-gur’an membolehkan orang-orang mukmin menjalin hubungan kerja sama dengan golongan lain yang berbeda aqidah, dengan syarat tidak memusuhi mereka yang mukmin.
2.      misi islam sebagai pembawa rahmat
 bagi seluruh alam dapat lihat dari ajaran dalam bidang ekonomi yang bersedikan keseimbangan dan pemertaan. Dalam ajaran islam seseorang diperbolehkan memiliki kekayaan tanpa batas, namun dalam jumlah tertentu dalam hartanya  itu terdapat milik orang lain yang harus dikeluarkan dalam bentuk zakat, infak,  dan sedekah. Derngan cara demikian, makin banyak harta kekayaan yang dimiliki seseorang. Selain itu misi dalam bidang ekonomi ini dapat dilihat pula dari perintah perdagangan dengan cara yang jujur, yaitu yang jauh dari kecurangan, penipu penipu atau tindakan lainya yang merugikan konsumen, seperti mengurangi timbangan, takaran dan sebagainya.

3.MISI AJARAN ISLAM RAHMATAN LIL ALAMIN DALAM BIDANG POLITIK
 Terlihat dari perintah al-qur’an agar seorang pemerintah bersifat adil, bijaksana terhadap rakyat rakyar yang dipimpinnya, memerhatikan aspirasi kepentingan rakyat yang dipimpinnya, mendahulukan kepentingan rakyat dari pada kepentingan dirinya melindungi dan menganyomi rakyat memberikan keamanan dan ketentraman kepada masyarakat. Hal yang demikian dinyatakan dalam (QS an nisa,4:8) yang berbunyi ;
“Sesunggunya Allah menyuruh kamu menyampaikan amanat kepada yang berhak yang menerimanya, dan (menyuruhmu) apabila menerapkan hukum diantara manusia supaya kamu menetapkan dengan adil sesungguhnya Allah memberi pengajaran yang sebaik baiknya kepadamu sesunggunya Allah maha mendengar lagi maha melihat.

4. MISI RAHMATAN LIL ALAMIN AJARAN DALAM BIDANG HUKUM
Hukum terlihat dari perintahh surat an nisa ayat 58, ayat tersebut menjelasjan memrintahkan seorang hakim agar berlaku adil dan bijaksana dalam memutuskan perkara dengan tidak memendang perbedaan pada orang yang sedang berperkara. Penegakan supremasi hukum sangat dianjurkan dalam ajaran islam. Seorang yang berasal dari kelas atas bila melakukan kesalahan tetap harus diberi hukuman yang setimpal. Sebaliknya seorang yang berasal dari kelas yang rendah bila melakukan kesalahan juga harus dihukum sesuai dengan tingkat kesalahannya.

5.AJARAN ISLAM RAHMATAN LIL ALAMIN DAPAT DILIHAT PULA DALAM PENDIDIKAN
 hal ini terlihat dari ajaran islam yang mmberikan kebebasan kepada manusia untuk mendapatkan hak-haknya dalam bidang pendidikan. Islam mengajarkan menganjurkan belajar sunguhpun keadaan perang. Dan menuntut ilmu mulai dari buaian hingga keliang lahat, serta melakukannya sepanjang hayat. Pendidikan dalam islam adalah untuk semua. Pemerataan dalam pendidikan merupakan misi ajaran islam.

6. MISI AJARAN ISLAM LEBIH LANJUT DAPAT PULA DARI PRAKTIK HUBUNGAN ISLAM DALAM DENGAN MENGANUT AGAMA LAIN
            Sebagaimana dilakukan Nabi muhammad SAW, dimadinah. Dari penelitian terhadap piagam madinah ditemukan sejumlah prinsip tentang hak asasi manusia dan politik pemerintahan. Dalam konteks itu pula piagam ini menetapkan prinsip tolong menolong, yaitu menolong orang lemah, menolong orang yang membutuhkan bantuan dan teraniaya, tolong menolong dan berbuat kebajikan dan mewujudkan keamanan dan pertahanan bersama. Prinsip hubungan yang baik dari ajaran islam ini dalam perjalanannya memeng tidak selalu mulus. Ada saatnya terjadi peperangan antara islam dengan pihak yang lain. Namur perlu dicatat, bahwa perang dalam islam bukan tujuan, melainkan hanya alat untuk membela diri, membela agama, dan membela kemanusiaan.












BAB III
PENUTUP
1 KESIMPULAN
Misi ajaran islam secara keseluruhan sangat diperlukan karena beberapa sebab sebagai berikut. untuk menimbulkan kecintaan manusia terhadap ajaran islam yang didasarkan kepada islam yang sifatnya bukan hanya normatif, yakni karena diperintahkan oleh Allah dan bukan pula karena emosional semata mata melainkan karena didukung oleh argumentasi yang bersifat rasional. untuk membuktikan kepada umat manusia bahwa islam baik secara normatif maupun secara kultural dan rasional adalah ajaran yang dapat membawa manusia kepada kehidupan yang lebih baik, tanpa harus menggangu keyakinan agama islam. untuk menghilangkan citra negatif dari sebagai masyarakat terhadap ajaran agama islam, penyebab timbulnya kebencian masyarakat terhadap islam.
Misi ajaran islam dari berbagai aspek tediri dari dalam bidang sosial, pemerintah, pendidikan, bidang ekonomi dan dibidang kebudayaan

2 SARAN
            Kajian tentang misi ajaran islam ini memberi kita pengetahuan dan menambah wawasan , hal ini sangat penting agar para pendidik dapat memehami tentang misi ajaran islam, untuk mewujutkan bahwa islam sebagai pembawa rahmat bagi kita semua.



DAFTAR PUSTAKA
Abuddin Nata, Metodologi Studi Islam, Jakarta : Raja Grafindo Persada, 2011

Harun Nasution, Islam Ditinjau Dari Berbagai Aspeknya, Jilid I,  Jakarta: UI press, 1979

  H.M. Arifin, Menguak Misteri Ajaran Agama-Agama Besar, Jakarta: Golden Trayon Press, 1992

logoblog

Thanks for reading MISI AJARAN ISLAM

Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment